RENCANA PELAKSANAAN
PEMBELAJARAN
(RPP)
Satuan
Pendidikan/Sekolah : Sekolah
Dasar
Mata
Pelajaran : Bahasa
Indonesia
Kelas
/ Semester : II / 1
Pertemuan
Ke- : 1 x
pertemuan
Alokasi
Waktu : 1 x 35 menit
A.
Standar Kompetensi
Membaca
3. Memahami teks pendek dengan membaca lancar dan
membaca puisi anak
B.
Kompetensi Dasar
3.1
Menyimpulkan isi teks pendek (10-15 kalimat) yang dibaca dengan membaca lancar
C.
Indikator
Kognitif:
-
Membaca teks pendek
dengan intonasi yang benar
-
Menceritakan kembali
isi teks dengan kata-kata sendiri
-
Menyimpulkan isi teks
pendek yang dibaca
·
Afektif:
-
Menjawab pertanyaan
tentang isi teks pendek
·
Psikomotor:
-
Menuliskan isi teks
dengan kata-kata sendiri
D.
Tujuan Pembelajaran
·
Kognitif:
-
Siswa dapat membaca
teks pendek dengan intonasi yang benar
-
Siswa dapat
menceritakan kembali isi teks dengan kata-kata sendiri
-
Siswa dapat
menyimpulkan isi teks pendek yang dibaca
·
Afektif:
-
Siswa dapat menjawab
pertanyaan tentang isi teks pendek
·
Psikomotor:
-
Siswa dapat menuliskan
isi teks dengan kata-kata sendiri
E.
Materi
Pembelajaran
Menyimpulkan isi teks pendek (terlampir) :
1.
Bacaan teks pendek
2.
Kesimpulan isi teks
pendek
F.
Model
/ Metode Pembelajaran
Model
Pembelajaran : langsung
Metode
Pembelajaran : - ceramah
- tanya
jawab
- pemberian
tugas
G.
Langkah – langkah
Pembelajaran
No
|
Kegiatan
|
Pelaksanaan
|
1.
|
A. Kegiatan Awal (5 menit)
- Disiapkan, memberi salam, berdo’a
- Guru mengabsen siswa
- Apersepsi : guru mengajukan pertanyaan tentang
membaca
- Menyampaikan tujuan pembelajaran
B. Kegiatan Inti (25 menit)
- Guru memberi contoh membaca teks pendek dengan
intonasi yang benar
- Menyimak teks pendek
- Salah satu siswa diminta untuk menirukan contoh
teks pendek yang dibacakan oleh guru
- Siswa diminta untuk menuliskan isi teks dengan
kata-kata sendiri
- Siswa disuruh bercerita di depan kelas
- Menjawab pertanyaan tentang teks pendek
C. Kegiatan Akhir (5 menit)
- Menyimpilkan materi
- Refleksi : siswa dapat memahami membaca teks
pendek dengan intonasi yang benar
- Memberikan
tugas kepada siswa untuk mencari dan mengumpulkan teks pendek
|
H.
Alat
/ Bahan / Sumber / Media Belajar
Sumber belajar yang
digunakan dalam pembelajaran ini adalah sebagai berikut :
1.
Alat
dan bahan :
Contoh
teks pendek
Pagi-Pagi
Pagi-pagi ayam jantan
berkokok.
Ibnu
lekas-lekas bangun.
Anis
masih tidur.
Ibnu
cepat-cepat membangunkan Anis.
Ibu
memasak nasi di dapur.
Ibnu
menyiapkan makan pagi.
Anis
membantu ibu di dapur.
“Ibnu,
Anis, lekas mandi!” kata Ibu.
Bapak
sedang mengisi bak mandi.
Ia
menimba air di sumur.
Ibnu
dan Anis bergantian mandi.
Kata
Ibu, “Anis, cepat sedikit! Nanti terlambat.”
Sesudah
mandi, Ibnu dan Anis berpakaian.
“Nah,
sekarang makan pagi dulu!” kata Ibu.
Mereka
makan pagi.
“Pak,
Bu, Ibnu berangkat, “ kata Ibnu.
“Anis
juga, Pak, Bu !” susul Anis.
Mereka
berdua pergi ke sekolah.
2.
Sumber
Belajar :
-
Buku penunjang Bahasa
Indonesia (Surana. 2004. Aku Cinta Bahasa
Indonesia 2A Untuk Kelas 2 SD dan MI. Solo: Tiga Serangkai.)
-
Lingkungan sekitar
3.
Media Belajar :
-
Buku Kerja Siswa (BKS)
I.
Penilaian (terlampir)
1. Tes tulis
2. Penilaian kinerja laporan individu
Sidoarjo,
6 Juli 2011
Kepala
Sekolah Guru Kelas
Drs. Ferry Trisant, MM. Asdian
Ardhatur R, S.Pd.
NIP. 19840521 199101 1 001 NIP.19911029 200002 2
002
Lampiran
E.
Materi
Pembelajaran
Menyimpulkan isi
teks pendek
1.
Bacaan teks pendek
Pagi-Pagi
Pagi-pagi ayam jantan
berkokok.
Ibnu
lekas-lekas bangun.
Anis
masih tidur.
Ibnu
cepat-cepat membangunkan Anis.
Ibu
memasak nasi di dapur.
Ibnu
menyiapkan makan pagi.
Anis
membantu ibu di dapur.
“Ibnu,
Anis, lekas mandi!” kata Ibu.
Bapak
sedang mengisi bak mandi.
Ia
menimba air di sumur.
Ibnu
dan Anis bergantian mandi.
Kata
Ibu, “Anis, cepat sedikit! Nanti terlambat.”
Sesudah
mandi, Ibnu dan Anis berpakaian.
“Nah,
sekarang makan pagi dulu!” kata Ibu.
Mereka
makan pagi.
“Pak,
Bu, Ibnu berangkat, “ kata Ibnu.
“Anis
juga, Pak, Bu !” susul Anis.
Mereka
berdua pergi ke sekolah.
2.
Kesimpulan isi teks
pendek
Pagi-Pagi
Pagi-pagi
Ibnu dan Anis lekas bangun.
Ibnu
dan Anis membantu ibu.
Ibu
memasak nasi di dapur.
Ibnu
menyiapkan makan pagi.
Anis
membantu ibu di dapur.
Bapak
sedang mengisi bak mandi.
Ia
menimba air di sumur.
Ibnu
dan Anis bergantian mandi.
Sesudah
mandi, Ibnu dan Anis berpakaian.
Mereka
makan pagi.
Ibnu
dan Anis berpamitan ke kedua orang tuanya.
Mereka
berdua pergi ke sekolah.
I.
Lembar
Penilaian
1.
Tes tulis
Isilah
dengan benar!
1.
Pagi-pagi ayam jantan .
. . .
2.
Ibnu menyiapkan makan
pagi, sedangkan Anis . . . .
3.
Ibu memasak di dapur,
bapak sedang . . . .
4.
Sesudah mandi, Ibnu dan
Anis . . . .
5.
Mereka berpamitan ke
kedua orang tuanya, mereka berdua akan pergi ke . . . .
Jawaban :
1.
Berkokok
2.
Membantu ibu di dapur
3.
Mengisi bak mandi
4.
Berpakaian
5.
Sekolah
2.
Penilaian kinerja
laporan individu
Buatlah
teks pendek dengan kata-katamu sendiri, kemudian bacakan di depan kelas!
Jawaban :
Jawaban
siswa dapat bervariasi
No.
|
Nama
|
Aspek
yang dinilai
|
Skor
|
||||||||
Lafal
jelas
|
Intonasi
jelas
|
Berani
bercerita
|
|||||||||
1
|
2
|
3
|
1
|
2
|
3
|
1
|
2
|
3
|
|||
Keterangan
:
1
= baik
2
= cukup
3
= kurang
Nilai
akhir = jumlah skor yang diperoleh x 100
jumlah spek yang dinilai
Tidak ada komentar:
Posting Komentar